Gembala domba yang menyebalkan



Seorang gembala sedang menggembalakan
domba. Seorang yang lewat berkata, "Engkau
mempunyai kawanan domba yang bagus sekali,
bolehkan saya mengajukanbeberapa pertanyaan
tentang domba-domba itu?"
"Oh tentu, akan saya jawab dengan senang hati.",
kata gembala itu.
Orang itu berkata, "Berapa jauh domba-
dombamu berjalan setiap hari?".
"Yang mana, yang putih atau yang hitam?", tanya
gembala.
"Yang putih."
"Ah, yang putih berjalan sekitar enam kilometer
setiap hari."
"Kalo yang hitam?"
"Yang hitam juga."
"Dan berapa banyak rumput mereka makan
setiap hari?"
"Yang mana, yang putih atau yang hitam?"
"Yang putih."
"Ah, yang putih makan sekitar empat kilo rumput
setiap hari."
"Kalo yang hitam?"
"Yang hitam juga."
"Dan berapa banyak bulu yang mereka hasilkan
setiap tahun?"
"Yang mana, yang putih atau yang hitam?"
"Yang putih."
"Ah menurut perkiraan saya, yang putih
menghasilkan sekitar enam kilo bulu setiap tahun
kalau mereka dicukur."
"Kalo yang hitam?"
"Yang hitam juga."
Orang yang bertanya menjadi Gedek.
"Bolehkah saya bertanya, mengapa engkau
mempunyai kebiasaan yang aneh, membedakan
dombamu menjadi domba putih dan hitam
setiap kali engkau menjawab pertanyaanku,
padahal jawaban semuanya sama saja?"
Gembala itu menjawab, "Tentu saja harus saya
bedakan, karena domba-domba yang putih itu
adalah milik saya."
"Ooo, begitu...", penanya itu Mulai Sabar.
"... kalau yang hitam ?"
"Yang hitam juga."